Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Salah satu syarat yang sering diminta oleh perusahaan saat melamar pekerjaan adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah dokumen resmi yang berisi tujuan, kualifikasi, dan pengalaman seseorang yang ingin bekerja di suatu perusahaan. Surat lamaran kerja bisa ditulis dengan menggunakan komputer atau tulis tangan, tergantung dari permintaan perusahaan.

Menulis surat lamaran kerja tulis tangan mungkin terdengar kuno dan tidak praktis, tetapi ada beberapa alasan mengapa perusahaan masih meminta hal ini. Pertama, surat lamaran kerja tulis tangan bisa mencerminkan kepribadian, karakter, dan kemampuan seseorang melalui tulisannya. Kedua, surat lamaran kerja tulis tangan bisa menunjukkan keseriusan dan ketelitian seseorang dalam melamar pekerjaan. Ketiga, surat lamaran kerja tulis tangan bisa menjadi pembeda dan nilai tambah bagi seseorang di antara banyak pelamar lainnya.

Namun, menulis surat lamaran kerja tulis tangan tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar surat lamaran kerja tulis tangan bisa terlihat baik dan benar. Berikut adalah beberapa tips dan contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang bisa kamu simak.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Sebelum menulis surat lamaran kerja tulis tangan, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan, yaitu:

  • Kertas folio bergaris. Kertas ini bisa membantu kamu menulis dengan rapi dan lurus. Jangan lupa untuk menyediakan kertas cadangan untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan.
  • Pulpen berwarna hitam atau biru. Pilih pulpen yang nyaman digunakan dan tidak mudah bocor atau pudar. Hindari menggunakan pensil, spidol, atau tinta warna-warni.
  • Format surat lamaran kerja. Kamu bisa mencari referensi format surat lamaran kerja yang sesuai dengan standar dan kebutuhan perusahaan. Biasanya, format surat lamaran kerja tulis tangan terdiri dari tanggal dan tempat penulisan, nama dan alamat perusahaan, salam pembuka, kata pengantar, biodata diri, pengalaman kerja atau keahlian, paragraf penutup, dan salam penutup.
  • Data diri dan dokumen pendukung. Kamu harus menyiapkan data diri yang lengkap dan akurat, seperti nama, alamat, nomor telepon, email, pendidikan, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga harus melampirkan dokumen pendukung yang relevan, seperti fotokopi ijazah, transkrip nilai, sertifikat, dan lain-lain.

Setelah kamu mempersiapkan hal-hal di atas, kamu bisa mulai menulis surat lamaran kerja tulis tangan dengan mengikuti tips berikut ini:

  • Tulislah dengan tulisan tangan yang rapi, jelas, dan mudah dibaca. Jangan menulis dengan tulisan yang terlalu kecil, terlalu besar, terlalu miring, atau terlalu rapat. Usahakan untuk tidak menghapus, mencoret, atau menambahkan kata-kata di tengah-tengah surat.
  • Tulislah dengan bahasa yang baik dan benar. Gunakan bahasa Indonesia yang baku, sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Hindari menggunakan bahasa yang tidak formal, seperti bahasa gaul, bahasa asing, atau singkatan. Perhatikan juga penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan ejaan.
  • Tulislah dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Jangan menulis dengan kalimat yang bertele-tele, berbelit-belit, atau mengulang-ulang hal yang sama. Usahakan untuk menyampaikan poin-poin penting yang ingin kamu sampaikan dengan efektif dan efisien.
  • Tulislah dengan gaya yang ramah, sopan, dan santai. Kamu bisa menggunakan kata sapaan yang sesuai dengan situasi, seperti kamu, kalian, atau anda. Kamu juga bisa menggunakan kata-kata yang menunjukkan rasa hormat, antusias, dan optimis. Hindari menggunakan kata-kata yang menunjukkan rasa sombong, merendahkan, atau menuntut.
  • Tulislah dengan sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Kamu harus menyesuaikan isi surat lamaran kerja tulis tangan dengan posisi yang kamu lamar. Tunjukkan bahwa kamu memiliki kualifikasi, pengalaman, dan keahlian yang sesuai dengan posisi tersebut. Kamu juga bisa menyebutkan sumber informasi lowongan kerja yang kamu dapatkan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Untuk memudahkan kamu dalam menulis surat lamaran kerja tulis tangan, berikut adalah beberapa contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi:

Contoh 1:


Jakarta, 10 November 2023

Kepada Yth.
HRD PT Maju Jaya
Jl. Raya Kebayoran No. 123
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari website resmi PT Maju Jaya, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Staff Administrasi di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya tertarik untuk bergabung dengan PT Maju Jaya karena perusahaan ini memiliki reputasi yang baik dan berkembang di bidang perdagangan.

Berikut ini adalah biodata singkat saya:

Nama: Siti Aisyah
Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 15 Januari 2000
Alamat: Jl. Melati No. 45, Jakarta Pusat
Nomor telepon: 08123456789
Email: [email protected]
Pendidikan terakhir: D3 Administrasi Bisnis, Universitas Nusantara
IPK: 3.75

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai Staff Administrasi di PT Bintang Sejahtera selama 2 tahun. Di sana, saya bertanggung jawab untuk mengurus administrasi keuangan, menyusun laporan bulanan, dan mengelola data karyawan. Saya juga memiliki kemampuan komputer yang baik, terutama dalam menggunakan Microsoft Office. Saya mampu bekerja secara individu maupun tim, serta memiliki komunikasi yang baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen-dokumen berikut ini:

1. Daftar riwayat hidup
2. Fotokopi ijazah D3
3. Fotokopi transkrip nilai
4. Fotokopi sertifikat kursus komputer
5. Fotokopi KTP
6. Pas foto 4×6

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti seleksi lebih lanjut. Saya siap untuk datang ke kantor PT Maju Jaya sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Saya juga bersedia untuk bekerja di bawah tekanan dan sesuai dengan target yang ditetapkan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Siti