Cara Ganti Kata Sandi Akun Google dengan Mudah dan Aman

 

Akun Google adalah salah satu akun yang paling penting dan sering digunakan oleh banyak orang. Akun Google tidak hanya digunakan untuk mengakses layanan Google seperti Gmail, YouTube, Google Drive, Google Photos, dan lainnya, tetapi juga untuk login ke berbagai aplikasi dan situs web lainnya. Oleh karena itu, menjaga keamanan dan kerahasiaan sandi Akun Google adalah hal yang sangat penting.

Namun, terkadang kita perlu mengganti sandi Akun Google kita karena beberapa alasan, misalnya karena lupa sandi, khawatir sandi bocor, atau ingin membuat sandi yang lebih kuat. Bagaimana cara mengganti sandi Akun Google dengan mudah dan aman? Simak langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengganti Sandi Akun Google di Komputer

Jika Anda ingin mengganti sandi Akun Google Anda di komputer, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini1:

  1. Buka Akun Google Anda. Anda mungkin perlu login terlebih dahulu.
  2. Pada bagian “Keamanan”, pilih “Login ke Google”.
  3. Pilih “Sandi”. Anda mungkin perlu login lagi.
  4. Masukkan sandi baru Anda, lalu pilih “Ubah Sandi”.

Sandi baru Anda harus berbeda dari sandi yang pernah Anda gunakan sebelumnya dengan akun ini. Anda juga disarankan untuk membuat sandi yang kuat, yaitu sandi yang panjang, mengandung huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Jangan gunakan sandi yang mudah ditebak, seperti nama, tanggal lahir, atau kata-kata umum.

Cara Mengganti Sandi Akun Google di Android

Jika Anda ingin mengganti sandi Akun Google Anda di perangkat Android, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini23:

  1. Buka aplikasi “Setelan” di perangkat Anda, lalu ketuk “Google”.
  2. Ketuk “Kelola Akun Google Anda”.
  3. Di bagian atas, ketuk “Keamanan”.
  4. Pada “Login ke Google”, ketuk “Sandi”. Anda mungkin perlu login.
  5. Masukkan sandi baru Anda, lalu ketuk “Ubah Sandi”.

Sama seperti di komputer, Anda harus memilih sandi baru yang berbeda dari sandi yang pernah Anda gunakan sebelumnya dengan akun ini. Anda juga harus membuat sandi yang kuat, yaitu sandi yang panjang, mengandung huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Jangan gunakan sandi yang mudah ditebak, seperti nama, tanggal lahir, atau kata-kata umum.

Yang Terjadi Setelah Anda Mengganti Sandi Akun Google

Setelah Anda mengganti sandi Akun Google Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui1:

  • Anda akan logout dari semua perangkat kecuali:
    • Perangkat yang digunakan untuk memverifikasi bahwa ini memang Anda saat Anda login.
    • Beberapa perangkat dengan aplikasi pihak ketiga yang telah Anda berikan akses akun.
    • Perangkat rumah yang selalu siap membantu, yang telah Anda berikan akses akun.
  • Anda harus login kembali ke semua layanan Google yang Anda gunakan, seperti Gmail, YouTube, Google Drive, Google Photos, dan lainnya.
  • Anda harus memperbarui sandi Anda di aplikasi dan situs web lain yang menggunakan Akun Google Anda untuk login.
  • Anda harus memeriksa aktivitas akun Anda untuk memastikan tidak ada aktivitas yang mencurigakan atau tidak sah.
  • Anda harus mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk meningkatkan keamanan akun Anda. Verifikasi dua langkah adalah fitur yang meminta Anda untuk memasukkan kode yang dikirimkan ke ponsel Anda atau menggunakan aplikasi autentikator setiap kali Anda login ke akun Anda dari perangkat baru atau tidak dikenal.

Kesimpulan

Mengganti sandi Akun Google adalah salah satu cara untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan akun Anda. Anda bisa mengganti sandi Akun Google Anda dengan mudah dan aman di komputer atau perangkat Android. Anda harus memilih sandi baru yang berbeda dari sandi yang pernah Anda gunakan sebelumnya dengan akun ini. Anda juga harus membuat sandi yang kuat, yaitu sandi yang panjang, mengandung huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Jangan gunakan sandi yang mudah ditebak, seperti nama, tanggal lahir, atau kata-kata umum.

Setelah Anda mengganti sandi Akun Google Anda, Anda harus login kembali ke semua layanan Google yang Anda gunakan, memperbarui sandi Anda di aplikasi dan situs web lain yang menggunakan Akun Google Anda untuk login, memeriksa aktivitas akun Anda, dan mengaktifkan verifikasi dua langkah. Dengan begitu, Anda bisa menjaga akun Anda tetap aman dan terlindungi dari serangan hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis.